Intel Core i9 - 10900K Processor Terbaik Generasi ke-10

Processor Intel® Core™ i9-10900K

Processor Gaming Terbaik

Salah satu bagian terpenting dari sebuah komputer yaitu CPU atau sering kita sebut dengan processor. Processor bertanggung jawab untuk menafsirkan sebagian besar perintah komputer. Dalam menentukan sebuah processor, hal yang pertama kita perhatikan adalah socket motherboard yang telah kita beli sebelumnya apakah sesuai atau tidak.

Dan dukungan komponen lainnya seperti kartu grafis (VGA), layar monitor sampai teknologi pendingin untuk performa yang lebih baik.

Kali ini kita akan mengulas processor Intel® Core™ i9-10900K Generasi ke-10. Processor Generasi ke-10 ini memberikan peningkatan performa yang luar biasa, dengan kecepatan clock hingga 5,3 Ghz dan dukungan terbaru untuk konektivitas bandwidth besar. Pastinya processor ini cocok dijadikan sebagai processor gaming, konten kreator atau desain grafis.

Spesifikasi Processor Intel® Core™ i9-10900K

Intel® Core™ i9-10900K diluncurkan pada Quarter ke-2 tahun 2020 dan dibandrol dengan kisaran harga 6-7 Jutaan dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • # Of cores                                     : 10
  • # Of threads                                  : 20
  • Cache                                            : 20 MB Intel® Smart Cache
  • Bus Speed                                     : 8 GT/s
  • Processor Base Frequency            : 3.70 GHz
  • Max Turbo Frequency                  : 5.30 GHz
  • Intel® Turbo Boost Technology   : 5.20 GHz
  • TDP                                               : 125 W

Keunggulan dan Keamanan

Keunggulan processor Intel® Core™ i9-10900K ini telah menghadirkan teknologi canggih seperti :

  1. Intel® Turbo Boost Max Technology 3.0 yang dapat mengidentifikasi core yang memiliki performa terbaik pada prosesor dan menyediakan performa tambahan pada core tersebut melalui peningkatan frekuensi sesuai kebutuhan dengan memanfaatkan headroom termal dan daya.
  2. Intel® Thermal Velocity Boost adalah fitur yang secara oportunistik dan otomatis meningkatkan frekuensi clock di atas frekuensi Intel® Turbo Boost Technology berinti satu atau banyak berdasarkan kemampuan prosesor saat beroperasi di bawah suhu maksimum dan keberadaan persediaan daya turbo. Penambahan dan durasi frekuensi bergantung pada beban kerja, kemampuan prosesor, dan solusi pendinginan prosesor.
  3. Memori Intel® Optane™ adalah memori non-volatil kelas baru revolusioner yang berada di antara memori sistem dan penyimpanan untuk mempercepat performa dan kemampuan respons system.
  4. Thermal Monitoring Technologies (Teknologi Pengawasan Thermal) melindungi perangkat dan sistem dari kerusakan akibat panas melalui berbagai fitur manajemen panas. DTS (Digital Thermal Sensor) internal mendeteksi suhu inti, dan fitur manajemen panas mengurangi pemakaian daya dan suhu saat dibutuhkan agar tetap berada dalam batasan operasi normal.

Sehingga memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa. Karena itu, Intel® Core™ i9-10900K menjadi salah satu peralatan laptop dan desktop gaming terbaik.

Untuk Arsitektur grafis sendiri mendukung Resolusi Maksimum (HDMI 1.4)‡ 4096 x 2160@30Hz dan Resolusi Maksimum (DP)‡ 4096 x 2304@60Hz seperti video HDR 4K dan game 1080p Sehingga memberikan pengalaman visual yang sangat jernih.

Dan processor ini pun didukung oleh keamanan seperti :

  1. Intel® AES New Instructions (Intel® AES-NI) adalah serangkaian petunjuk yang memungkinkan enkripsi dan dekripsi data secara cepat dan aman.
  2. Intel® Software Guard Extensions (Intel® SGX) memberikan aplikasi kemampuan untuk menciptakan perlindungan eksekusi terpercaya dengan dukungan perangkat keras untuk data dan aktivitas yang peka terhadap aplikasi. Eksekusi run-time dilindungi dari pengamatan atau kerusakan yang disebabkan oleh perangkat lunak lain (termasuk perangkat lunak istimewa) dalam sistem.
  3. Execute Disable Bit adalah fitur keamanan berbasis perangkat keras yang dapat mengurangi pemaparan terhadap virus dan serangan kode berbahaya serta mencegah perangkat lunak berbahaya dijalankan dan disebarluaskan pada server atau jaringan.
  4. Intel® Device Protection Technology dengan Boot Guard membantu melindungi lingkungan pra-OS sistem dari serangan virus dan perangkat lunak berbahaya.